Jumat, 12 Oktober 2012

The Pharmacist


Kita bicara dunia farmasi disini ya… All about Pharmacy! Sebelumnya mari kita koprol sambil bilang Wow…! Kekekek… Karena memang wow banget. Dari wow positif sampe wow negatif (eh, ada ya wow negatif?) ada, hanya saja cuma orang-orang yang rada-rada aja yang bilang wow, hehehe…
Oke, kita mulai ya! Pertama yang mesti dibicarain adalah sosok apoteker yang minimal selama 5 tahun bergelut dengan ilmu farmasi. Siapa sih apoteker? Siapa… pertanyaan yang lebih miris lagi adalah, seberapa banyak orang yang tahu tentang sosok apoteker. Duh, segitu tenggelamnya kah apoteker? Soalnya memang tak ada seragam seperti para dokter dan para perawat. Jadi tak akan terlihat… Wa… beneran tak dikenali masyarakat…
Tunggu, jangan patah arang dulu! Walaupun beredar sejuta julukan untuk apoteker baik di apotek dan RS, juga industri. Julukan mulai siluman, hantu, manusia bayang-bayang, teken kabur dan lain-lain sebagainya. Kita sebagai farmasis nggak boleh putus asa… Harus terbakar karena munculnya julukan-julukan nada miring ito…

Semangat pertama, dunia farmasi adalah bagai hutan belantara yang sangat mengerikan juga jauh dari kemudahan. Jadi hanya orang-orang pemberani lah yang sanggup menjelajahinya. Orang-orang yang berotak encer, itu kan nama lainnya, he… Kita mesti bangga dan suka dong…
Semangat kedua, kita-sebagai apoteker itu (oups, aku belum, insya Allah akan) derajatnya sejajar dokter lho… Jadi rekan untuk berdiskusi, mengenai obat dan pasien. Harusnya begitu, tapi kadang bagi mereka yang merendahkan apoteker atau merasa tak butuh ya tak berniat berdiskusi. Ilmu kita dan dokter hampir-hampir mirip lah… mereka banyakan di penyakit, kita banyakan di obat, jadi klop dong. So memang derajatnya tinggi gitu apoteker…
Semangat ketiga, apoteker itu kerjanya sungguh mulia… memberikan atau membuat obat untuk pasien yang sakit hingga pasien sembuh, atas ijin Allah. Kita bermanfaat untuk orang lain… Apalagi kalau kita memberikan informasi obat secara jelas dan pasien atau masyarakat jadi lebih tahu, makin mulia apoteker… Memang di bidang kesehatan adalah bidang yang mulia…
Semangat keempat, dengan membantu orang lain mengenai obat dan penyakit, kita telah insya Allah berbuat kebaikan dan mendapat pahala juga ridha Allah… Jadi semangat untuk membantu orang lain dengan ilmu farmasi!
Semangat kelima, dunia farmasi tu seru lho! Kita banyak tahu tentang penyakit dan obatnya. Tentang pasien dan sederetan cerita dibaliknya ketika kita mampu mengakrabkan diri dengan pasien. Dunia kerja esok pun akan banyak cerita yang bisa kita ambil hikmah dan kebaikannya. Sungguh menyenangkan bertemu banyak orang setiap harinya…
Em, segini saja dulu ya semangatnya. Esok disambung lagi dengan semangat yang baru. Oke Pharmacist!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Komentari Tulisanku Sobat...

Entri Populer

Pengikut