Minggu, 04 November 2012

Siapa Yang Ulang Tahun?

Kemarin adalah acara senang-senangku sebelum kembali ke Jogja dan melahap penuh kuliah beserta lauk-pauk tugas. Apa coba? Karena nggak jadi ke Sri gethuk, hujan dan mendung, airnya udah keruh, jelek jadi sungainya... Maka aku di rumah saja, merencanakan misi senang-senang yang lain. Plan B.

Apa itu... Menyalurkan hobiku yang udah lama tak timbul ke pemukaan. Membuat kue! Ya... aku suka membuat kue Sahabat. Bermula dari zaman dahulu kala Ibu yang suka bikin kue dan aku bantu. Jadilah dua anak perempuan Ibu mengikuti kesukaan Ibu. Mm, mungkin kesukaan para wanita kebanyakan. Maka mulailah kami bereksperimen dengan aneka resep kue. Bolu, cake, kue kering, onde-onde, donat, molen dan lainnya udah pernah bikin berulang-ulang malah.

Tapi, sejak kuliah aku jarang bikin kue. Karena sibuk di Jogja dan kakak yang udah pindah keluar kota. Nggak punya duit lebih juga buat bikin kue. Alhasil, ketika kemudian aku bikin kue nggak jadi dengan baik. Yang bantat, yang keras, yang bubar jalan pas digoreng hehe... Bahkan terakhir kemarin saat lebaran bikin kastangel yang mudah itu, nggak seenak pertama kali bikin atau sebelumnya. Agak keras dan kurang manis. Haduh... payah. Sampai aku berfikir, apakah kekuatan tanganku melemah? Tidak... Hus! Udah kayak punya kekuatan supranatural aja.

Karena itu Sahabat, aku merencanakan misi pengembalian kekuatan, ups, keterampilan maksudnya. Supaya aku tidak lupa dengan bagaimana cara memixer adonan, bukan... membuat kue. Mixer adonan mah semua juga bisa, tapi sampai berapa lama nah itu perlu pengetahuan dan pengalaman. Adonan yang baik terletak pada mixer bahan-bahan.



Kue yang aku buat adalah... ini nggak sekedar kue bolu atau kue kering biasa, yaitu... Rainbow Cake! Keren nggak tuh misi yang kurencanakan dan kulaksanakan... Ini gara-gara aku lihat master chef yang tantangannya bikin rainbow cake, kok kayaknya gampang dan jadinya bagus ya... Padahal sebelum lebaran temanku excited banget bilang padaku dia mau bikin rainbow cake sementara aku menyepelekan karena itu cuma menang di warna, rasa sih kaya bolu biasa. Akhirnya aku nelen ludah sendiri. Jadi excited banget buat bikin rainbow cake.

Nah kemarin, pagi-pagi Tante udah bilang mau bikin nasi kuning sama kering tempe. Lagi pengen katanya. Terus aku juga bilang mau beli bahan buat bikin kue. Nggak kepikiran kok kami bisa barengan nyidam bikin sesuatu makanan. Kami enjoy memulai memasak. Sampai ada yang nyeletuk tanya pas lagi di dapur,

"Siapa yang ulangtahun?" kami langsung ketawa karena baru sadar kalau nasi kuning sama cake itu adalah tanda untuk perayaan ulang tahun, haha...

"Kamu ya?" Pakde masih penasaran, menebak aku yang ultah, kami ketawa lagi

"Nggak kok, cuma lagi pengen aja bikin cake." jawabku, sama juga jawaban tante.

Dan emang gampang Sahabat, bikin rainbow cake. Cuma agak lama prosesnya karena bikin 6 lapis yang berarti 3x oven. Walau cuma bentar aja ovennya, kan tipis adonannya, takut gosong. Yah, walaupun hasilnya emang nggak sebagus dan seenak yang orang-orang bikin, tapi lumayan untuk percobaan pertama. Lain waktu dimodifikasi supaya lebih baik, enak dan cantik rainbow cake nya.

"Siapa yang lagi ulang tahun?" kali ini bulek yang tanya, kita ketawa lagi...

Pertanyaan itu berulang dan berulang ketika ada Tante dan Omku yang lain. Sampai Ibu yang telpon juga tanya gitu. Duh... segitu harusnya ya ada yang ultah kalau mau bikin nasi kuning sama cake mewah (rainbow cake termasuk cake mewah dan meriah lho). Tapi emang lucu juga sih. Coba kalau satu aja, nasi kuning aja atau rainbow cake aja, nggak bakal tiap orang datang dan makan tanya itu, hihi... ^ ^ Beneran menggelikan deh...

Kalau ada yang tanya lagi, orang kesepuluh, "Siapa yang ulangtahun?" aku mau jawab, "Ini spesial untukmu..." haha...

Berikut foto-foto hasilnya...














 Apa komentar Sahabat? ^ ^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Komentari Tulisanku Sobat...


Entri Populer

Pengikut